Senin, 05 November 2012

Tips,Info Memilih Frame BMX

Geometry dari frame,perhatikan istilah-istilah nya. Pasti kalian sering dengar..
Sudut-sudut dari frame. Ada sudut seat tube dan head tube
Tipe-tipe head tube. Ada Intergrated, Internal dan yang Standard (oversize)
Bottom bracket, ada 4 jenis : USA, Midle, Spanish, Euro.







  1. Nhaaa!! Balik lagi nih..ane bakal bagi info buat agan-agan yang lagi galau buat milh frame...
     Ketika membangun sebuah sepeda baru, tentu bagian utama nya ya Frame. Hal ini penting untuk memilih frame yang cocok dengan gaya kamu dan dapat menahan tekanan. Artikel ini menguraikan beberapa variasi yang berbeda dalam jenis frame, geometri, material, dan banyak lagi.

  • JenisRacing Frames - frame Racing dirancang dengan kecepatan, kinerja, dan berat badan minimal. Karena mereka menggunakan material yang lebih ringan, mereka tidak dapat menahan beban untukbermain seperti di jalanan, taman, dan trails.

  • Freestyle Frames - Karena jalanan, taman, dan jalur (dirt jumping) frame yang dibangun dengan cara yang sama, dan menggunakan bahan yang sama dan ukuran, ane mengelompokkan ke dalam kategori "free style". Frame ini dibangun untuk grinding, melompat, atau jatuh, mereka dibuat agar bisa tahan lebih lama .

  • Cruiser Frames - frame Cruiser lebih besar dari frame BMX yang khas. Mereka dirancang untuk menggunakan ukuran roda 24". Frame ini dapat dibuat untuk balap atau free style.

Geometri

Penting untuk memahami geometri yang berbeda dan gaya frame sebelum melakukan pembelian.
Diagram di bawah ini menguraikan geometri utama dan komponen bingkai. MaterialDengan pengecualian aluminium dan serat karbon frame balap, frame BMX yang paling sering terbuat dari chromoly. Sementara banyak perusahaan sebut tabung chromoly mereka dengan nama yang berbeda, sebagian besar chromoly digunakan dapat dikelompokkan ke dalam 4130 dan 4140. Jenis baja menawarkan kekuatan berat rasio yang sangat tinggi, membuat mereka ideal untuk digunakan di frame BMX.Frame chromoly-Heat treatment telah melalui proses yang pengerasan logam. Frame yang telah di heat-treatment sering lebih tahan terhadap lenturan dan cracking. Ini adalah pilihan yang bagus untuk memperkuat frame tanpa menambah berat sepeda.Aluminium frame dan frame serat karbon dimaksudkan untuk balap saja. Jika Anda seorang rider ringan yang membutuhkan tabungan berat untuk performa yang lebih baik, dan tidak bermaksud untuk naik sepeda di mana saja tapi arena balap, ini mungkin menjadi pilihan yang ideal untuk Anda.


  • Head TubeHead Tube adalah bagian dari frame yang dilewati tabung fork. Ada beberapa variasi dari head tube yang tersedia di frame BMX saat ini. Mereka dapat dibagi menjadi tiga kategori tergantung pada sistem bantalan yang mereka gunakan.Head Tube Intergrated - head tube Intergrated menggunakan bantalan cartridge disegel yang ditekan langsung ke headtube frame tanpa perlu cangkir bantalan tambahan atau shims. Sistem ini merupakan yang paling banyak digunakan dari headset dalam frame BMX aftermarket.

  • Head Tube Internal - Head Tube internal, juga kadang-kadang disebut sebagai "semi-Intergrated head tube," menggunakan sistem press-fit yang berfungsi mirip dengan desain headset yang terintegrasi. Perbedaannya adalah bahwa bantalan headset internal tidak diam secara langsung di dalam frame, melainkan menggunakan shim tambahan atau cangkir bantalan di dalam headtube untuk posisi bantalan.

  • Head Tube Standard - Standard head tube ditemukan dalam frame yang lebih tua . Head tube ini menggunakan menggunakan bantalan cangkir yang ditekan ke bagian atas dan bawah frame, dan bantalan berada di luar headtube tersebut.

  • Bottom Bracket, sering disebut sebagai "BB," terletak di dalam bagian dari frame yang dilewati poros crankset ini .  bagian frame ini disebut shell braket bawah, dan ukuran itu menentukan jenis braket bawah frame akan digunakan. Ada beberapa variasi dari kurung bawah yang menggunakan gaya bantalan yang berbeda. Ini dapat dipecah menjadi empat kelompok: USA, Mid, Spanish, dan Euro.

  • BB USA - lebih umum pada jaman-jaman awal BMX. Mereka menggunakan satu set bantalan yang terletak di dalam cangkir yang kemudian ditekan ke dalam frame. The downside ke BB Amerika adalah bahwa mereka besar dan berisi berat  yang tidak perlu. Mereka juga mengambil sejumlah besar kekuatan untuk menekan cups ke dalam frame. Mereka sering ditemukan di sepeda dengan 1 pcs Crank.

  • BB Mid - menggunakan bantalan yang sama seperti BB Amerika, namun cups benar-benar dihapus dari persamaan. Bantalan yang ditekan langsung ke frame, yang memungkinkan untuk setup kurang rumit dan berat berkurang. Karena bantalan adalah ukuran yang sama sebagai BB Amerika, tidak ada perbedaan dalam kekuatan antara dua gaya.

  • BB Spanish - menggunakan bantalan yang tekan langsung ke frame. BB Spanish menggunakan bantalan dengan diameter lebih kecil dari braket BB Mid, yang berarti shell BB kecil dan berat berkurang.
  • BB Euro - hanya umum untuk frame balap. BB Euro menggunakan bearing kecil yang ddipasan diam di dalam cups yang berulir langsung ke frame.

DropOut
Dropout adalah bagian dari frame yang poros roda belakang . Dropout tersedia dalam beberapa ukuran dan gaya yang mempengaruhi kekuatan dan kekakuan dari sepeda.

  • 14mm - Dropout 14mm  menggunakan poros tebal yang dirancang untuk menahan benturan. Disarankan untuk orang-orang yang bermain di taman, dirtjumping, atau jalanan.
  • 3/8 "(10mm) - 3/8" dropout dirancang untuk yang lebih kecil,  3/8 "as. Frame yang menggunakan ukuran ini umumnya dirancang untuk racing dan trails.  3/8 "axle lebih rentan terhadap lenturan, yang harus dipertimbangkan sebelum membeli gaya frame ini.Closed (female) - Seperti namanya, dropout tertutup dirancang sehingga akhir dropout yang tertutup, membuat lubang bukan slot. Gaya dropout ini memerlukan penggunaan hub belakang female.

Ukuran
Sizing umumnya turun ke preferensi pribadi. Ini umumnya dipahami bahwa rider harus  lebih tinggi dari frame , dan sebaliknya untuk rider lebih pendek. Sebuah frame panjang memberi efek bagaimana sepeda Anda merespon ketika ditunggangi. Frame pendek bisa menjadi lebih baik untuk pengendara teknis yang lebih sering grind dan stall, karena frame pendek umumnya lebih responsif dan tajam, sehingga baik untuk trik teknis. Frame lagi bisa lebih baik untuk rider yang menginginkan kecepatan dan stabilitas, karena frame pendek sering merasa cepat dan sempit ketika bergerak pada kecepatan tinggi.
Ada dua bagian geometri frame yang akan mempengaruhi panjang keseluruhan - headtube, yang merupakan bagian depan frame mulai dari seat tube untuk headtube, dan chainstay, yang merupakan bagian dari kerangka yang membentang dari seat tube kembali ke dropout.Jika Anda tidak yakin mana ukuran frame akan bekerja terbaik untuk berkuda Anda, lihat angka-angka membingungkan di  bawah ini.Tinggi Rider  4 '- 4'4 "4'5" - 4'9 "4'10" - 5'2 "5'3" - 5'8 "5'9" - 6'1 Panjang toptube 15 "- 16" 16,5 "- 17,5" 18 "- 19" 19,5 "- 20,5" 21 "- 22"


well,mungkin bisa membantu sekian. Keep ride hard.

dikutip dari  http://www.vitalbmx.com/product/category/Frames,7

4 komentar:

  1. gan ukuran as bmx ada apa aja ya gan minta gambarnya heeeeeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10mm dan 14mm,buat BMX street biasa make ukuran 14mm/as besar

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Gan bisa merekomendasikan sepeda jenis apa yg enak buat jalan sama freestyle ya tolong infonya gan
    http://mni1612.student.ipb.ac.id

    BalasHapus